Rabu, 04 November 2015

PROSES TERBENTUKNYA PULAU MALUKU

TUGAS GEOLOGI INDONESIA
PROSES TERBENTUKNYA PULAU MALUKU

OLEH:
Kelompok 1


-          Malik Ilahude
-          Ilman Halaq
-          Hamida M. Pulubolo
-          Nurfiani Karim
-          Sisilya Makuta
-          Alan W. Ali
-          Frangki Hamdata
-          Mahmud Dali
-          Amalia Frinka D. Mado
-          Setiawan
-          Yayun Lihawa


Dosen Pembimbing
Ibu Intan Noviantari Manyoe, S.Si., M.T
Program Studi S1 Pendidikan Geografi
Jurusan Ilmu & Teknologi Kebumian
Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
2015
 Proses Terbentuknya Pulau Maluku

Selama proses pembentukan daratan dan Pulau Maluku, terjadi terus menerus penekanan dua lempeng di Samudera Pasifik yang membentang di utaranya, penekanan lempeng Pasifik akibat kondisi anomaly magnetic yang tidak beraturan itu mampu menarik lebih kuat lempeng-lempeng kecil di Samudera Pasifik yang sudah terpecah-pecah lalu bergerak ke perairan Laut Maluku dan Kepulauan Sangihe. Proses penarikan oleh akumulasi dari polarisasi anomali yang kompleks. Terbentuk pola pembenturan simpang empat di Kepulauan Halmahera dan Teluk Tomini. Lempeng Maluku yang berada diantara kelima lempeng tersebut mengalami penghancuran dan terlumatkan ke dalam Lempeng Halmahera.
Secara geologi dan tektonik Halmahera cukup unik, karena pulau ini terbentuk dari pertemuan 3 lempeng, yaitu Eurasia, Pasifik dan Indo-Australia yang terjadi sejak zaman kapur. Di selatan Halmahera pergerakan miring sesar Sorong ke arah barat bersamaan dengan Indo-Australia struktur lipatan berupa sinklin dan antiklin terlihat jelas pada Formasi Weda yang berumur Miosen Tengah-Pliosen Awal. Sumbu lipatan berarah Utara-Selatan, Timur Laut – Barat Daya, dan Barat Laut-Tenggara.

 Dari gambar rekontruksi Rob Hall mengenai tektonik Indonesia pada 55-41 juta tahun yang lalu dapat dilihat bahwa sudah terbentuk cikal bakal pulau Maluku yaitu lengan Maluku Utara,lengan tersebut terbentuk karena adanya zona subduksi antara lempeng Eurasia dengan lempeng Indo-Australia.

Kemudian pada 40-20 juta tahun yang lalu cikal bakal Maluku utara tersebut mengalami pemekaran dengan munculnya pulau yang melengkapi pulau Maluku utara seperti yang terlihat saat ini.

Kemudian pada 10 juta tahun yang lalu terbentuklah pulau Maluku yang terdorong kebagian atas akibat pertemuan lempeng, hingga menempati posisi yang berada di bagian Timur Laut pulau Sulawesi.
Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar